Simulasi Kebakaran dan Evakuasi Pasien di RS Hermina OPI Jakabaring

Satuan Polisi Pamog Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banyuasin bekerjasama dengan Rumah Sakit Hermina OPI Jakabaring melaksanakan kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran . Kegiatan yang merupakan salah satu bentuk penyuluhan dan pembinaan pada bidang pemadam kebakaran dan penyelamatan dilaksanakan selama dua hari, 15 dan 16 Oktober 2018, dan diikuti 50 pegawai di lingkungan  Rumah Sakit Hermina OPI Jakabaring.

Kebakaran di rumah sakit perlu penanganan khusus, karena didalamnya dihuni oleh orang sakit yang penuh keterbatasan fisik, sehingga diperlukan respond time yang optimal, ini dapat terwujud ketika seluruh civitas hospitalia mampu menunjukkan peran yang tepat dalam melaksanakan prosedur dan menguasai teknik pengendalian.

Kegiatan ini diawali dengan pembekalan materi ruang dan dilanjutkan materi pengenalan dan penggunaan peralatan pemadam kebakaran tradisional atau penggunaan kain basah, Penanggulangan Kebocoran Gas Tabung Elpiji, penggunaan APAR ( Alat Pemadam Api Ringan), penggunaan selang dan nozzle sebagai perlengkapan dan peralatan Hydrant Rumah Sakit dilanjutkan dengan simulasi kejadian kebakaran dengan menggunakan kayu bakar sebagai obyek kebakaran.

Menurut dr. Reni Puspita, Mars selaku direktur umum  Rumah Sakit Hermina OPI Jakabaring, tujuan pelaksanaan kegiatan simulasi ini untuk mendapatkan Status Akreditasi dan meningkatkan kualitas ketrampilan penanganan kebakaran dilingkungan Rumah Sakit Hermina OPI Jakabaring pada khususnya dan di masyarakat pada umumnya.

Usai pelaksanaan simulasi dalam apel akhir paska kebakaran, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banyuasin, Bambang Gusriandi, S.Ip., M.Si menyampaikan adanya unit-unit dengan resiko kebakaran tinggi di rumah sakit menjadi perhatian tersendiri bagi petugas pemadam kebakaran, dan diharapkan tersedianya akses khusus bagi mobil pemadam kebakaran yang tidak dipergunakan untuk kepentingan lain.

Pengaduan Masyarakat

Penegakan Perda dan Ketertiban Umum

SMS ONLINE – 0858 9685 8716

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*