Visi Misi

Visi dan Misi

 

1.1    Visi dan Misi Jang Menengah Kabupaten Banyuasin Tahun 2014-2018

  • Rencana pembangunan jangkah Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banyuasin Tahun 2014 -2018 merupakan penjabaran dari visi dan misi Kepala Daerah yang dituangkan dalam strategi pembangunan daerah berupah kebijakan dan program pembangunan, kerangka pendanaan pembangunan serta kaidah pelaksanaannya. RPJMD kabupaten Banyuasin 2014 – 2018 di tetapkan dengan maksud memberikan arah sekaligus menjadi pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan daerah yang berkesinambungan. Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan, dan peluang yang ada di Kabupaten Banyuasin serta mempertimbangkan budaya yang hidup dalam masyarakat, maka visi jangka menengah Kabupaten Banyuasin tahun 2014 – 2018 yang hendak di capai adalah ‘’Banyuasin Terdepan, Berdaya Saing, dan Mandiri’’.

 

Memperhatikan visi tersebut serta perubahan para dikma dan kondisi yang akan di hadapi pada masa yang akan datang, di harapkan Kabupaten Banyuasin dapat lebih berperan dalam perubahan yang terjadi di lingkup nasional, regional, maupun global. Penjabaran makna dari visi Kabupaten Banyuasin tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mandiri, mengandung arti bahwa Kabupaten Banyuasin yang letak geografisnya di jalan Raya Lintas Timur Sumatera antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi, berbatasan pula dengan Kota Palembang sebagai pusat kegiatan industri, perdagangan dan pusat kehidupan modern, akan menjadi kawasan pertumbuhan yang tinggi di semua bidang kehidupan. Posisi yang strategis ini bila diikuti dengan peningkatan kwalitas sumber daya manusia, maka akan menjadi kawasan pertumbuhan dengan masyarakatnya yang mandiri.
  2. Berdaya Saing, mengandung arti bahwa dengan menjadi kawasan strategis akan berakibat tumbuhnya kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Melalui pengelolaan sumber daya daya lokal yang dimiliki, kemampuan mengendalikan lingkungan eksternal, otonom dalam mengambil keputusan dan mampu membangun kerja sama yang lebih luas, sehingga masyarakat akan memiliki daya saing.

 

Dalam rumusan yang sederhana, masa depan Kabupaten Banyuasin yang diinginkan adalah :

 

  1. Daerah yang memiliki sumber daya manusia handal dengan produktivitas tinggi, bermartabat dan berkeadilan;
  2. Daerah surplus beras yang berkelanjutan dan merupakan produsen komoditi industri berdaya saing tinggi;
  3. Daerah industri maju berbasis sumber daya lokal dengan nilai tambah yang optimal dan dinikmati oleh masyarakat luas;
  4. Daerah yang aman, tentram dengan kehidupan sosial masyarakat yang dinamis.

 

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi pembangunan daerah Kabupaten Banyuasin, maka perlu ditetapkan pula misi yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam merealisasikan program RPJMD Kabupaten Banyuasin Tahun 2014-2018. Misi tersebut adalah :

 

  1. Meningkatkan pembangunan infrastruktur wilayah dan kawasan sebagai penunjang pembangunan dan pengembangan ekonomi kerakyatan.
  2. Memantapkan iklim investasi yang kondusif dengan menjamin keamanan dan kepastian hukum serta kemudahan lainnya untuk mewujudkan daya saing daerah.
  3. Membangun tatanan ekonomi daerah, berdasarkan keunggulan kompetitif sektor pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, perikanan, kelautan dan sektor pertambangan energi menuju banyuasin sejahtera.
  4. Menyediakan akses layanan pendidikan (IPTEK dan IMTAQ) berkualitas dan terjangkau demi mutu sumber daya manusia yang unggul yang didukung oleh peningkatan sistem layanan kesehatan yang murah, berkualitas, dan merata melalui investasi layanan Puskesmas.
  5. Mewujudkan tata pemerintah yang baik dan bersih (Good and Clean Governance) dengan meningkatkan kemampuan pemerintah daerah yang amanah, profesional, dan berwibawa untuk pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

 

1.2    Visi dan Misi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuasin Tahun 2014 – 2018 

Untuk menunjang pencapaian visi – misi Pemerintah Kabupaten Banyuasin Tahun 2014 – 2018 dan program-program pembangunan daerah, maka Satuan Polisi Pamong Praja sebagai salah satu unit kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin telah menetapkan Visi dan Misi sebagaiman tercantum dalam Renstra Satuan Polisi Pamong Praja Tahun 2014 – 2018 sebagai berikut :

 

”Terciptanya kondisi yang aman, tertib dan damai dalam masyarakat serta meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap Peraturan Daerah dan Peraturan Perundangan lainnya”

 

Penetapan visi ini melalui proses diskusi, dialog dan rapat para staf dengan mempedomani visi dan misi Kabupaten Banyuasin.

Untuk mencapai visi tesebut dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional dalam arti penekanan kepada setiap sumber daya manusia yang ada di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuasin agar mereka dapat benar-benar ahli dan profesional di bidangnya masing-masing. Tolak ukur profesionalisme ini dapat dilihat dari kualitas hasil kerja yang dilakukan, efisiensi penggunaan dana, sarana, tenaga serta waktu yang diperlukan. Profesionalisme perlu selalu ditingkatkan dan dijaga. Untuk itu perlu sumber daya manusia yang berpendidikan, ahli, bermoral, bermental kuat dan bertanggung jawab untuk selalu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara konsisten untuk kepentingan dan pelayanan pada masyarakat.

 

Untuk mencapai visi tersebut maka Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuasin menetapkan misi :

  1. Meningkatkan profesionalisme aparatur untuk mewujudkan kewibawaan Pemerintah Kabupaten Banyuasin.
  2. Mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum untuk mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Banyuasin.
  3. Mendukung peningkatan pendapatan asli daerah melalui pelaksanaan penegakkan Peraturan Daerah dan Keputusan Kepala Daerah.

 

1.3    Tujuan dan Sasaran

 

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun. Satuan Polisi Pamong Praja diharapkan dapat mengetahui apa yang harus dilaksanakan oleh organisasi  dalam memenuhi visi dan misinya.

Berdasarkan visi dan misinya, Satuan Polisi Pamong Praja menetapkan tujuan yang diwujudkan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sebagai berikut :

  1. Terwujudnya kesadaran masyarakat akan Peraturan Daerah, Keputusan Kepala Daerah dan Peraturan Perundang-undangan lainnya.
  2. Terwujudnya kondisi keamanan, ketentraman masyarakat dan ketertiban umum yang berkualitas.
  3. Terwujudnya peningkatan kapasitas kemampuan dan profesionalisme pegawai Satuan Polisi Pamong praja.
  4. Terwujudnya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)

 

Sedangkan sasaran yang akan diraih adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatnya keamanan, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat
  2. Meningkatnya kualitas kapasitas kemampuan aparatur Satuan Polisi Pamong Praja.
  3. Meningkatnya kedisiplinan aparatur dalam melaksanakan pekerjaan.
  4. Meningkatnya kesadaran masyarakat dan badan hukum dalam mematuhi peraturan daerah dan keputusan kepala daerah.

 

1.4    Strategi

 

Dengan kondisi yang ada perlu diupayakan suatu cara yang dapat memberdayakan faktor-faktor kekuatan dan peluang dengan memperkecil kelemahan dan ancaman yang dapat menghambat aktivitas organisasi mengingat hal tersebut, maka diperlukan suatu rangkaian upaya sebagai berikut :

  1. Strategi S-O

Meningkatkan sosialisasi setiap peraturan daerah maupun yang menjadi keputusan kepala daerah dalam rangka menginformasikan, mencegah danmenggugah masyarakat untuk memahami dan mematuhi dari setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk peraturan daerah dan keputusan kepala daerah. Mengintensifkan penertiban terhadap semua pelanggaran atas ketentuan peraturan peraturan daerah maupun keputusan kepala daerah serta profesionalisme konsisten.

  1. Straegi W-O

Mengembangkan pola pendidikan dan pelatihan yang mendukung kepada pelaksanaan fungsi dan tugas organisasi. Meningkatkan sarana dan prasarana baik kelengkapan kantor maupun sarana operasional. Mengoptimalkan dana dan anggaran dengan prinsif ekonomis, efektif dan efesien. Meningkatkan koordinasi dengan dinas/instansi terkait dan aparat penegak hukum lainnya.

  1. Strategi S-T

Mengembangkan pola pembinaan internal dan metode atau cara memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif dalam memelihara ketentraman dan ketertiban.

 

1.5    Kebijakan

 

Kebijakan adalah arah atau tindakan yang diambil oleh Satuan polisi Pamong Praja untuk mencapai tujuan. Kebijakan merupakan keputusan yang menentukan mengenai strategi akan dilakukan atau dengan kata lain kebijakan merupakan pedoman pelaksanaan tindakan untuk mencapai sasaran.

Adapun kebijakan yang ditetapkan adalah sebagai berikut :

  1. Menata sistem administrasi kantor Satuan Polisi Pamong Praja.
  2. Mengembangkan sistem informasi dan jaringan LAN (Local Area Network).
  3. Membentuk aparatur yang berwawasan serta meningkatkan kemampuan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.
  4. Membina masyarakat yang tertib melalui peraturan daerah dan keputusan kepala daerah.
  5. Mensosialisasikan peraturan daerah, keputusan kepala daerah dan perundang-undangan yang berlaku.
  6. Menertibkan setiap pelanggaran yang terjadi baik pelanggaran terhadap ketentuan peraturan daerah maupun terhadap ketentuan yang menjadi keputusan kepala daerah.
  7. Menindak setiap pelanggaran yang secara tegas dengan proses yang tepat, cepat dan transparan.
  8. Menjaga dan mengembalikan fasilitas umum sebagai sarana dan prasarana sesuai dengan fungsi dan peruntukkannya.
  9. Optimalisasi sistem pelaporan dan evaluasi.

 

Sebagai instrumen kebijakan yang ditetapkan Satuan Polisi Pamong Praja untuk mencapai sasaran dan tujuan serta memperoleh alokasi anggaran. Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuasin menetapkan program sebagai berikut:

  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. Program Peningkatan Sarana Dan Prasarana Aparatur
  3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur
  4. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  5. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja Dan Keuangan
  6. Program Peningkatan Keamanan Dan Kenyamanan Lingkungan
  7. Program Pemeliharaan Kantrantibmas Dan Pencegahan Tindak Kriminal

VISI

” Terwujudnya Keamanan dan  Ketertiban Yang  Berkualitas Dalam Rangka Mempercepat Pembangunan Kabupaten Banyuasin”

MISI

  1. Mewujudkan masyarakat yang aman, tertib dan taat aturan.
  2. Mewujudkan kewibawaan Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui penegakkan peraturan daerah dan meningkatkan profesionalisme aparatur.
  3. Mendukung peningkatan pendapatan asli daerah.