Minim Sarana Proteksi Kebakaran Gudang Primastar Ludes Dilahap Si jago Merah

Pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2019 Pukul 14.15 WIB Pos Induk Pangkalan Balai Mendapatkan Laporan Kebakaran dari petugas keamanan Komplek Pergudangan Palembang Star yang beralamat Jl. Tanjung Siapi-api Kel.Talang Keramat Kec.Talang Kelapa Kab.Banyuasin.

Setelah mendapat laporan tersebut Pos induk Pangkalan Balai segera melakukan komunikasi dengan Pos Pemadam Talang Keramat dan juga menghubungi Pemadam Kebakaran Kota Palembang guna meminta bantuan, 2 unit mobil dari Pos Induk, 2 Unit dari Pos Talang Keramat, 1 Unit dari Pos Rambutan dan 2 Unit Mobil Suplai dari BPBD Banyuasin segera diterjukan ke lokasi kejadian kebakaran guna melakukan pemadaman dan dengan dibantu 3 unit mobil dari pemadam kota Palembang hingga seluruh unit tiba pukul 14.25 Wib di lokasi kejadian kebakaran.

Api berasal dari kelalaian pekerja pada saat melakukan pengelasan salah satu gudang di lantai 2 milik CV. Timur Jaya pukul 14.10 Wib Jumat 31 Mei 2019 hingga menyebabkan api membesar dan menjalar ke gudang2 lainnya

Petugas sempat kewalahan memadamkan api karena objek yang terbakar merupakan bahan baku plastik dan pupuk yang sangat mudah terbakar sehingga Pemadaman pun berlangsung alot cukup lama hingga memakan waktu hingga pukul 03.00 dini hari, setelah melakukan pendinginan dan memastikan api telah padam pada pukul 03.30 petugas kembali ke Pos Unit masing masing.

Selang beberapa jam kemudian pada hari Sabtu, 1 Juni 2019 sekitar pukul 05.00 subuh pos induk pangkalan balai kembali mendapatkan Telepon dari petugas keamaan gudang mengatakan api kembali menyala sehingga Pos Unit Talang Keramat harus kembali meluncur ke lokasi guna melakukan pemadaman hingga pukul 16.45 wib dan Unit kembali ke Pos Talang Keramat.

Kemudian dimalam harinya sekitar pukul 02.00 asap mengepul di gudang kacang sehingga petugas harus kembali meluncur ke lokasi kebakaran guna melakukan pemadaman hingga pukul 04.00 wib.

Keesokan harinya minggu, 2 Juni 2019 pukul 07.00 pagi asap kembali mengepul di gudang plastik, petugas dari pos talang keramat kembali melakukan pengecekan dan pemadaman hingga pukul 10.00 wib.
Pada hari senin, 3 Juni 2019 pukul 10.00 wib Petugas dari unit talang keramat kembali melakukan penyisiran ke lokasi kebakaran dan terdapat beberapa titik kepulan asap dari gudang elektronik milik PT. Panasonic Gobel Indonesia, sehingga harus dilakukan pemadam hingga pukul 15.20 wib

Hingga berita ini diterbitkan kerugian ditaksir milyaran rupiah dan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran pergudangan ini

Pengaduan Masyarakat

Penegakan Perda dan Ketertiban Umum

SMS ONLINE – 0858 9685 8716

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*